Iklim Berubah, Nyamuk Makin Banyak

Written By Luthfie fadhillah on Monday, February 27, 2012 | 3:10 AM

Perubahan iklim dikhawatirkan mempercepat pertumbuhan dan kembang biak nyamuk demam berdarah. Selain itu, perubahan iklim juga rentan membuat tempat hidup nyamuk demam berdarah semakin bertambah.

Menurut Peneliti Ilmu Lingkungan Universitas Padjadjaran Bandung, Johan Iskandar, di Bandung, Senin (2/3), perubahan iklim yang menyebabkan udara lebih hangat berperan besar meningkatkan perkembangan nyamuk demam berdarah.

Perubahan iklim membuat suatu daerah yang semula dingin dan bukan tempat yang cocok berkembang biak bagi nyamuk lantas menghangat akibat pemanasan global dan lokal. Akibatnya, banyak ditemui kasus baru di beberapa daerah menjadi rawan demam berdarah.

Hutan-hutan banyak dibuka menjadi rumah tinggal atau pertanian. Maka tidak aneh bila di dataran tinggi yang seharusnya berudara dingin kini menjadi lebih hangat dan menjadi tempat ideal bagi perkembangan nyamuk demam berdarah, katanya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Sub Dinas Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Fita Rosemary. Menurut Fita, dalam keadaan udara lebih hangat, nyamuk menurut berkembang biak lebih cepat. Nyamuk bertelur lebih banyak dan menetaskan telurnya lebih cepat atau kurang dari 21 hari.

Sekarang kasus demam berdarah tidak terjadi di daerah dataran rendah tapi pengunungan yang dahulu berhawa sejuk atau dingin. Pemanasan global membuat pengunungan lebih hangat dan menjadi tempat berkembang biak yang baik bagi nyamuk, katanya. Contohnya, Kabupaten Bogor. Bulan Januari 2008 penderita hanya 608 orang tapi Januari 2009 meningkat menjadi 728.

Anda sedang membaca artikel tentang

Iklim Berubah, Nyamuk Makin Banyak

Dengan url

http://denguemosquitos.blogspot.com/2012/02/iklim-berubah-nyamuk-makin-banyak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Iklim Berubah, Nyamuk Makin Banyak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Iklim Berubah, Nyamuk Makin Banyak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger